Daftar ke MAN 2 SERANG


Ini adalah pengalaman saya pada saat daftar masuk ke MAN 2 Serang.

Pagi itu, aku berbaju putih biru berdiri di pinggir pagar sebuah sekolah. Melihat murid-murid berbaju putih abu-abu melewati pagar. Aku ingin masuk, tapi aku masih malu dan mencoba untuk menunggu seorang teman. Beberapa menitpun berlalu dan aku mencoba untuk melewati pagar tersebut. Aku melihat pak satpam yang sedang duduk di posnya. Aku bertanya, “pak saya mau menjalankan tes psikotes, dimana ya?” pak satpam pun menjawab “masuk lalu belok kiri terus cari ruang kamu sesuai nomer peserta kamu”.

Aku masuk dan melihat teman yang aku tunggu, tanyaku “datang jam berapa?”, “jam enam (sambil membaca buku)”. Sayapun membuka tas dan mengambil buku latihan psikotes. Ketika jam sudah memperlihatkan jam 07:30 aku memasuki ruang yang ke sembilan. Mendengarkan pengarahan tes psikotes dari seorang guru di sana. Pikirku “duh banyak siswa-siswi yang ingin masuk MAN 2, apa aku bisa masuk?”. Ujianpun di mulai, aku sangat serius mengerjakannya walaupun belum ngerti. Sampai jam 14:00, aku bersama siswa-siswi lainnya berada diruangan itu tanpa istirahat. Setelah selesai, aku pulang ke rumah dan tertidur pulas.


Tes kedua yaitu tes akademik. Dihari yang berbeda, aku melewati pagar dengan berani, (bukan manjat pagarnya). Aku datang ke ruangan yang waktu itu, tapi tidak ada orang sama sekali, lalu aku mencari ruanganku. Setelah ketemu, aku mulai belajar di depan ruangan yang aku temui. Jam 08:00, aku memasuki ruangan. Aku mendengarkan penjelasan tentang tes akademik.

Didalam tes akademik terdapat tes Bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial (IPS), ilmu pengetahuan alam (IPA), pendidikan agama islam (PAI) dan yang terakhir baca tulis al-qur’an (BTQ). Bahasa indonesia saya lalui dengan mudah. Bahasa inggris agak sedikit mudah. Nah... ininih yang aku anggap susah yaitu matematika. Aku bingung cara ngerjainnya gimana, akhirnya aku mengerjakan pelajaran yang lain, yaitu ilmu pengetahuan sosial (IPS), ilmu pengetahuan alam (IPA) dan pendidikan agama islam (PAI). 

Tes pelajaran umum selesai. Sekarang aku mengerjakan tes baca tulis al-qur'an (BTQ). Menulis ayat al-qur’an dan beberapa soal menulis arab aku lalui. Disaat membaca al-qur’an aku agak terbata-bata, aku ditanya dengan guru “suka baca qur’an di rumah?” jawabku “jarang bu” guru itu menilai dan aku di suruh keluar, bukan gara-gara marah tapi sudah selesai. Aku pulang dengan hati yang kacau. Aku sudah pasrah mau keterima atau tidak.      

Dirumah, dihari yang berbeda, aku sedang tiduran di kursi ruang tamu. Ibu datang sepulang kerja dan mengetok pintu. Dibukankan pintu itu dan ibuku berkata “A ibu habis dari sekolahmu, ternyata kamu lulus” “hah?(kebingungan)” "Alhamdulillah" Sekarang aku masuk MAN 2 SERANG dengan jurusan IIS yaitu ilmu-ilmu sosial.

Komentar

  1. Kak, mau tanya pas tes btq itu apakah hanya membaca Al Qur'an? Menghapal surat juga tidak?

    BalasHapus
  2. Kak, mau tanya pas tes btq itu apakah hanya membaca Al Qur'an? Menghapal surat juga tidak?

    BalasHapus
  3. Btq y itu tulis surat kan? Trus tulis surat y lihat alquran atau tidak? 😁

    BalasHapus
  4. Btq y itu tulis surat kan? Trus tulis surat y lihat alquran atau tidak? 😁

    BalasHapus
  5. Kak kalau mau masuk MAN2 pintunya yang mana ya?

    BalasHapus
  6. Kak kalau mau masuk MAN2 pintunya yang mana ya?

    BalasHapus
  7. Kak kalo man 2 serang menerima pindahan atau tdk terima kasih...

    BalasHapus
  8. Nerima, temen saya ada ko yang anak pindahan. tapi kurang tau tuh caranya gimana, mungkin bisa dicoba dateng ke TUnya aja ya

    BalasHapus
  9. Kalau gak salah, disana ada asramanya? Kakak tinggal di asrama juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga ka, rumahnya deket :). tapi untuk sekarang siswa baru kelas 10 itu wajib boarding^^

      Hapus
  10. kak kalo nilai raport nya itu emmg minimalnya 75 yaa? kalo misalkan ada 1 mapel yg di bawah 75 bisa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gx salah mah sekarang mah ada bantuan nilai dari guru guru otu nilai rapor asli

      Hapus
  11. Kak kalau di jurusan bahasa ada pelajaran apa aja?

    BalasHapus
  12. Kaka klo boleh tau saat tulis al quran surat apaa yah? Tes akademik mirip soal un tidak?

    BalasHapus
  13. Kalo Matematikanya ga Bisa gmna kak

    BalasHapus
  14. Kak kalo masuk ke man 2 ada nemnya gx

    BalasHapus
  15. Nomor sekolah yang bisa dihubungi brp ya?

    BalasHapus
  16. Ka biaya masuk man 2 berapa ya?

    BalasHapus
  17. Ka klau mau masuk ke man2 nemnya berapaka minimalnya

    BalasHapus
  18. Ka mau tanya biaya masuk nya berapa?

    BalasHapus
  19. Ka mau tanya apakah masuk man 2 serang itu harus masuk zona?

    BalasHapus
  20. Biaya masuk Man 2 berapa? mahal gk kak

    BalasHapus

Posting Komentar